Khasiat Kiwi Untuk Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Khasiat Kiwi Untuk Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Khasiat Kiwi Untuk Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi) ,- Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi / hipertensi, dan sedang mencari cara menurunkan darah tinggi, disini kami rekomendasikan buah kiwi untuk mengatasinya. Bukan tanpa alasan, kami merekomendasikan kiwi kepada anda karena semua kandungan alami didalamnya sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Maka tidak heran jika di luar sana banyak orang yang menjadikan kiwi sebagai obat penurun tekanan darah tinggi alami yang mudah di dapat.

Lantas Apa Sebenarnya Buah Kiwi Itu ???

Buah kiwi (Actinidia chinensis) berasal dari lembah Chang di Negara Cina. Sejak zaman kuno, buah kiwi di Cina digunakan sebagai tonik dan untuk merawat kesehatan, khususnya wanita setelah melahirkan, serta untuk meningkatkan imunitas pada anak-anak. Pada awal tahun 1900, buah kiwi untuk pertama kalinya diekspor ke wilayah Asia sebagai pohon anggur hias. Amerika pertamakali bisa menikmati buah kiwi pada tahun 1904, dan Selandia Baru pada tahun 1906. Manfaat gizi potensi buah eksotis ini diketahui oleh Selandia Baru, dan karena itu mereka mulai membbudidayakan buah kiwi secara komersial.

Kulit Buah kiwi memiliki bulu berwarna cokelat dengan tengah buahnya berwarna putih dan dagingnya berwarna hijau. Didalamnya terdapat biji kecil berwarna hitam kecil serta dagingnya yang berwarna hijau dan rasanya yang lembut dan lezat. Buah kiwi juga banyak mengandung vitamin C , dan sering dimanfaatkan sebagai makanan pembuka seperti makan salad, ikan, hidangan daging, puding, dan kue. Buah Kiwi tak kalah bayak manfaatnya bagi kesehatan dengan buah-buahan lain.

Kandungan Dalam Buah Kiwi :
Buah kiwi kaya akan nutrisi seperti vitamin C,E,A, B (niacin, vitamin B6, dan folat), kalium, serat dan magnesium, namun rendah natrium, kolesterol dan lemak jenuh.

Satu porsi buah kiwi sebesar 177g mengandung :

  • Kalori – 108
  • Karbohidrat – 26g
  • Serat pangan – 5g
  • Vitamin C – 133mg
  • Protein – 2g
  • Sodium – 5mg
  • Gula – 16g
  • Kalium
  • Kalsium – 6 persen
  • Vitamin E – 3 persen
  • Besi – 3 persen

Dari deretan kandungan alami yang disebutkan diatas, yang paling berperan dalam menurunkan darah tinggi ialah kandungan kalium. Dimana kandungan kalium dalam kiwi ini dapat membantu meniadakan efek natrium dalam tubuh. Kandungan kalium ini juga dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek sistem saraf. Kalium juga berperan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. Ada kemungkinan bahwa asupan kalium yang rendah adalah memiliki faktor risiko dalam mengembangkan tekanan darah tinggi sebagai asupan natrium tinggi. Menurut Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional, kurang dari 2% dari orang dewasa AS memenuhi harian rekomendasi 4700 mg untuk potassium.3 Juga dari catatan, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian akibat semua masalah yang ditimbukan oleh hipertensi. Selain kaya akan kalium, kiwi juga mengandung potassium serta vitamin C dan antioksidan yang disebut lutein yang sangat berperan dalam mengendalikan tekanan darah. Cara Menurunkan Darah Tinggi ,-

Khasiat Lain Kiwi Selain Untuk Menurunkan Darah Tinggi :

1. Menangkal radikal bebas

  • Kiwi sangat kaya kandungan antioksidan. Kandungan polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya, tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

2. Kesehatan mata

  • Kiwi mengandung lutein dan beta karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

3. Masalah pencernaan

  • Dengan kandungan serat yang tinggi, Kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengonsumsinya secara teratur.

4. Bermanfaat bagi wanita hamil

  • Buah Kiwi kaya dengan asam folat yang baik untuk ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang. Buah Kiwi juga dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi pada wanita yang bisa berdampak pada terganggunya produktivitas, perkembangan dan fungsi kognitif, resiko kehamilan dan sistem kekebalan tubuh.

5. Kesehatan jantung

  • Kandungan potasium yang dimilikinya hampir sama dengan yang terkandung pada pisang. Buah Kiwi merupakan sumber potasium rendah garam yang berpotensi memberi manfaat dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

6. Mengurangi resiko Alzheimer

  • Buah Kiwi diyakini dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer sampai 50%

Untuk dijadikan sebagai pengobatan / menjaga kesehatan tubuh, buah kiwi bisa anda konsumsi langsung atau dijadikan jus. Nah berikut cara membuat jus kiwi :

Khasiat Kiwi Untuk Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Bahan :

  • Buah Kiwi sebanyak 2 buah, kita potong-potong
  • Yogurt sebanyak 5 sendok makan
  • Susu segar sebanyak 200 ml
  • Madu sebanyak 4 sendok
  • Es secukupnya untuk penyajiannya

Cara Membuat Jus Kiwi :

  1. Masukkan buah kiwi, kemudian yogurt dan juga susu didalam blender, lalu kita blender hingga semua bahan teksturnya menjadi halus
  2. Tuangkan madu dan aduk rata sehingga tercampur sempurna
  3. Sajikan es jus kiwi ini dengan tambahan es batu agar rasanya segar

Itulah sekilas informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai Khasiat Kiwi Untuk Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi). Semoga informasi yang kami sajikan ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih. Salam Sehat 🙂

BACA JUGA :

Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami

Cara Menyembuhkan Darah Tinggi Secara Alami

Obat Darah Tinggi Paling Ampuh

Khasiat Kiwi Untuk Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *